Thursday, August 6, 2015

20 Fakta Hebat tentang John Cena


John Cena adalah pegulat WWE. Dia adalah orang yang selalu diinginkan Vince McMahon dalam dunia gulat (not gay!). Itulah kenapa Cena membagi pendapat begitu keras, sebagian orang menyukai sikap dan kemampuan Cena, sebagian lagi hanya menganggap Cena sebagai 'penjilat' McMahon.

Faktanya, merchandise Cena sudah sering menduduki peringkat teratas dalam hal terlaris di waralaba WWE selama 10 tahun ini, tidak peduli jika ia di cheer atau di boo.

Bahkan, pertandingan Cena dan The Rock di Wrestlemania 28 lalu adalah pertandingan yang meraup keuntungan terbesar dalam sejarah WWE. Kalian tidak bisa membantah fakta yang satu ini, Cena sudah menjadi salah satu pegulat paling penting di WWE.

Admin akan membuat jajaran 20 fakta tak terduga (dan mungkin hanya sedikit yang tahu) dari seorang yang sudah pernah memegang world champion sebanyak 15 kali ini.

Pada awalnya, Cena memang pegulat yang buruk, Triple H pun pernah mengakuinya disebuah wawancara di WWE. Namun sekarang, kita sudah bisa melihat betapa meningkatnya kemampuannya, dan Cena pernah menjadi pegulat terbaik dunia.

Selain gulat pun Cena cukup sukses di dunia musik dan perfilman. Cena awalnya memang jadi proyek McMahon, tapi pada akhirnya Cena menjadi pegulat yang setia pada WWE.

Setelah membaca ke-20 fakta ini, diharapkan kalian bisa menghormati Cena, karena dia pantas mendapatkannya (bahkan dari para pembencinya).

20. ALASANNYA BEKERJA SANGAT KERAS
Satu hal yang dipuji orang-orang dari Cena adalah betapa kerasnya Cena bekerja di WWE. Faktanya, Cena menemui anak-anak terkebelakang tanpa pamrih, kebanyakan waktu luangnya ia lakukan untuk menemui anak-anak tersebut. Cena pun sudah menemui hampir 400 anak di acara Make-A-Wish, dan itu merupakan rekor.
Tapi keinginannya membantu semua anak-anak kecil seperti itu ternyata berasal dari tempat pribadinya, yaitu salah seorang saudaranya. Saudara Cena ini mengalami tumor otak yang tidak dapat disembuhkan, dan ia pun sampai hari ini dapat hidup dengan memakai alat bantu. Cena mengatakan bahwa saudaranya itu dijadikannya sebagai motivasi untuk selalu bekerja keras.

19. ERA CENA LEBIH LAMA DARI ERA AUSTIN DAN ROCK
The Rock dan Stone Cold Steve Austin dipuji orang sebagai ikon terbaik WWE. Tapi pengaruh mereka di WWE cukup singkat, walaupun 'hawa' mereka masih dapat dirasakan sekarang. Era Austin berjalan selama 4 tahun, tahun 1997 - 2001. Era The Rock juga berjalan selama 4 tahun, tahun 1998 - 2002.


Namun Cena sudah menjadi bintang waralaba WWE dari tahun 2005 sampai sekarang (2015), sudah 10 tahun. Era Cena sudah bertahan 6 tahun lebih lama dari Austin dan Rock, dan ada kemungkinan era Cena ini akan bertahan lebih lama lagi.

18. CENATION HIDUP LEBIH LAMA DARI HULKMANIA
Hulkmania lahir pada tahun 1984 saat Hulk Hogan mengalahkan Iron Sheik untuk WWE Champion di Madison Square Garden. Setahun kemudian (1985), WWE meluncurkan PPV pertama, yaitu Wrestlemania 1 untuk melambangkan kesuksesan Hulk Hogan. 'Penglihatan' Vince McMahon terhadap gulat profesional ini berkembang pesat, memberi jalan kepada sebuah era yang menginspirasi seluruh industri.

Tapi pada tahun 1990, ketenaran Hulkmania mulai menurun karena The Ultimate Warrior. Walaupun Hogan kembali ditahun 1991 dan 1992, ia tidak pernah lagi setenar saat tahun 1984 sampai 1990 dulu. Jadi bisa dikatakan era Hulkmania bertahan selama 6 tahun. Jika dibandingkan dengan era Cenation yang sudah bertahan selama 10 tahun, Cenation mengalahkan Hulkmania.

17. +1.035 PERTANDINGAN
Sampai sekarang (Agustus 2015), Cena sudah bertanding lebih dari 1.035 pertandingan di WWE, ini termasuk dark match, live event, tv dan ppv. Ini adalah pekerjaan yang menakjubkan dan membuktikan betapa berjasanya Cena di WWE.

16. 141 PERTANDINGAN DI PPV WWE
Bisa bayangkan? 141 kali bertanding di PPV? Wow...... Pertandingan PPV pertamanya Cena adalah Vengeance 2002 melawan Chris Jericho, Cena menang!

15. 2002 & 2003 ADALAH TAHUN DIMANA CENA LEBIH SERING KALAH DARIPADA MENANG
Cena debut dipertengahan tahun 2002, ditahun tersebut Cena memenangkan pertandingan sebanyak 55 kali, namun 58 kali kalah. Ditahun 2003, Cena menang sebanyak 54 kali, namun kalah 81 kali. Dan dari tahun 2004 sampai sekarang (2015), tahun-tahun Cena selalu dipenuhi dengan kemenangan.

14. MEMBALIKKAN GENERASI KEDUA
Mengerti 'kan apa itu generasi kedua? Contohnya Charlotte, dia adalah generasi kedua karena ayahnya (Ric Flair) mantan pegulat di WWE. John Cena, adalah orang pertama yang bekerja di WWE dalam sejarah keluarganya, dan Cena adalah orang pertama di WWE yang membalikkan pengertian 'generasi kedua'. Cena terjun ke bisnis WWE dan ayahnya mengikutinya, inilah arti dari 'membalikkan generasi kedua'.

John Cena Sr. (Ayah Cena) bekerja sebagai Johnny Fabulous dan telah beberapa kali tampil dipertelevisian WWE saat Cena berseteru dengan Edge dan Randy Orton (2006-2007). Sampai sekarang, ayahnya sering menonton langsung pertandingan Cena di Wrestlemania, contohnya di Wrestlemania 30, Cena memeluk ayahnya setelah mengalahkan Bray Wyatt.

13. GODAAN ORTON
Randy Orton adalah orang yang paling sering dihadapi Cena. Sampai sekarang (Agustus 2015), Cena telah menghadapi Orton sebanyak 259 kali, dengan kemenangan 213 kali, kalah 34 kali, dan seri 12 kali. Ini termasuk dark match, live event, tv dan ppv.

Pertandingan mereka biasanya bisa dinilai dibawah standard. Beberapa ada juga yang bagus. Tapi penonton sudah bosan atau pun muak menonton pertandingan Cena vs Orton, karena mereka sudah sering menonton Cena vs Orton. Cena vs Orton ini pun terasa seperti satu dari beberapa perseteruan yang paling "berlebihan". Dipertandingan Cena vs Orton di Royal Rumble tahun lalu pun disambut banyak orang dengan ejekan.

12. SATU DARI DUA ORANG YANG PERNAH MEMENANGKAN ROYAL RUMBLE DARI POSISI NOMOR 30
Sampai tahun 2007, tidak ada pegulat yang pernah memenangkan Royal Rumble dari posisi nomor 30, sungguh ironis, padahal secara logika, nomor 30 tersebut punya kesempatan terbesar untuk memenangkan pertandingan tersebut. Undertaker adalah orang pertama yang menang dari posisi 30, pada Royal Rumble 2007.

Setahun kemudian, Cena memenangkan pertandingan itu dari nomor 30 juga, setelah mengeliminasi Triple H. Saat itu orang tidak menyangka jika Cena akan kembali dari cederanya, karena Cena dikabarkan akan absen untuk beberapa bulan lebih lama lagi karena cedera otot dadanya yang robek. Sampai sekarang pun tidak ada lagi yang pernah memenangkan Royal Rumble dari posisi nomor 30 selain Taker dan Cena. Heh, ironis!

11. MATT HARDY LEBIH SERING MENGALAHKAN CENA DARIPADA CENA MENGALAHKAN MATT HARDY
Jika kembali ke tahun 2003, kemampuan Matt Hardy terlihat lebih bagus dari Cena. Dan pada tahun tersebut, Cena dan Hardy pernah 6 kali berhadapan, dengan 'newbie' Cena yang hanya sekali menang, sedangkan Hardy 5 kali menang. Mungkin sampai kapanpun sejarah ini tidak akan berubah, tetap seperti ini.

10. SUAMI BRITNEY SPEARS MENGALAHKAN CENA
Cena pernah menghadapi suami Britney Spears di Raw awal tahun 2007, yaitu Kevin Federline, atau lebih dikenal dengan K Fed. Dia adalah lawan yang tinggi dan kurus. Dia juga bukan pegulat, dia hanya selebriti yang tampil di WWE dan terlibat storyline dengan Cena.

K Fed pun mengalahkan Cena setelah Cena diserang oleh Umaga. Omong-omong, Britney menggungat K Fed cerai ditahun 2007 tersebut.

09. JERRY LAWLER MENGUNGGULI CENA
John Cena pernah menghadapi Jerry Lawler di 3 pertandingan. 2 diantaranya dipertandingan Tag Team di OVW (Ohio Valley Wrestling) dan satunya dipertandingan Battle Royal di WWE.

Hebatnya, Lawler memenangkan ketga pertandingan tersebut. Jadi, tercatat lagilah sejarah lainnya, bahwa Cena tidak pernah mengalahkan komentator itu.

08. IRONMAN WWE TAHUN 2006
Biasanya gelar 'Ironman' diberikan kepada pegulat yang bertanding paling banyak dalam setahun, dan gelar ini pernah didapat Cena ditahun 2006, dengan bertanding sebanyak 182 kali.

Itu adalah tahun pertama kalinya Cena tampil penuh waktu sebagai bintang waralaba. Kepada orang yang mengejek "you can't wrestle" pada Cena, kau harus akui bahwa Cena bekerja dengan mengesankan selama 10 tahun belakangan ini.

07. MEMEGANG SABUK TAG TEAM DENGAN REKAN YANG ACAK
Selama berkarier di WWE, Cena sudah pernah memegang sabuk World Tag Team 2 kali dan sabuk Tag Team 2 kali, dengan 4 rekan berbeda.

Cena pernah memegang sabuk tersebut dengan pegulat top seperti Shawn Michaels dan Batista, tapi ia juga pernah memegang sabuk itu dengan David Otunga dan The Miz. Wew, Otunga dan Miz? Tidak terduga.

06. AA-NYA CENA ITU SEBENARNYA ADALAH EJEKAN UNTUK F5-NYA LESNAR
AA atau Attitude Adjustment, adalah gerakan finisher-nya Cena. Dulu namanya bukan AA, melainkan FU, yang sudah pasti singkatan dari F*ck You. Gerakan itu sebenarnya merupakan perbedaan dari gerakan F5-nya Brock Lesnar.

Lesnar merupakan salah satu pegulat top WWE ditahun 2003, sedangkan Cena kebalikannya saat itu. Namun saat itu WWE memutuskan membuat pertandingan Lesnar vs Cena di Backlash 2003 untuk WWE Champion.

Mereka pun berseteru, dan selama mereka berseteru, Cena membuat gerakan finisher-nya mirip dengan finisher-nya Lesnar. Namanya pun mirip, F5 (Lesnar) dan FU (Cena), namun FU singkatan dari F*ck You! untuk Lesnar.

Namun semenjak Cena dekat dengan anak-anak, WWE pun mengganti nama FU dengan AA (Attitude Adjustment).

05. SUDAH MENJADI VETERAN GULAT SELAMA 16 TAHUN
Cena sudah menjadi veteran gulat selama 16 tahun. Cena bahkan sudah 3 tahun menjadi pegulat profesional sebelum masuk ke WWE.

Faktanya, Cena merupakan salah satu pegulat paling berpengalaman di WWE, dan 16 tahun itu adalah waktu yang cukup lama, apalagi dia sudah menjadi main eventer selama 10 tahun. Cena adalah main eventer terlama di WWE. *main eventer maksudnya orang yang sering bertanding dipertandingan utama (pertandingan terakhir).

04. TOP EARNER
Cena adalah "pendapatan" terbesar di WWE. Cukup adil, karena Cena termasuk salah satu alasan orang menonton gulat. Bahkan penjualan tiket lebih cepat habis jika ada Cena di match card (jadwal pertandingan). Merchandise-nya juga sering paling cepat habis terjual daripada pegulat lain.

Dan bukti lain adalah pertandingannya dengan The Rock di Wrestlemania 28 menjadi pertandingan yang meraup keuntungan terbesar dalam sejarah WWE. Mungkin alasan sebenarnya karena The Rock, tapi alasan lainnya adalah karena lawan The Rock adalah John Cena.

WWE menggaji Cena sebanyak $3 juta (kurang lebih Rp 36 milliar) dalam setahun, beserta bonus karena merchandise-nya sering habis terjual. Cena pun selalu mendapat tiket "first class" jika melakukan perjalanan, padahal tiket tersebut hanya disediakan untuk orang yang memegang WWE Champion.

*nah, kalian pasti bingung kenapa hanya org yg megang WWE champ yg dapet tiket itu? Padahal dia megang sabuk tersebut juga karna telah di atur. Itu bukti kalo mau di atur megang sabuk itu juga butuh usaha keras, yaitu skill mic dan skill gulat, dll dikembangin.

Paham? Dan kalian harus ngerti alasan kenapa Cena slalu dapet first class adalah karena dia orang paling menguntungkan WWE. Butuh usaha keras juga, bro!

03. TUBUH MENGERIKAN
Cena mempunyai tinggi 1.85 m dan berat 114 kg. Secara fisik, tubuhnya seperti mesin, dan bentuknya pun terlihat menakjubkan. Karena mempunyai tubuh seperti itulah orang pikir Cena memakai obat-obatan seperti steroid, tapi Cena selalu menyangkal pendapat seperti itu jika ia ditanya tentang pemakaian obat-obatan tersebut.

Cena menjelaskan bahwa ia sendiri yang membangun tubuhnya sampai seperti sekarang ini, bahkan ia lulus dari pengujian obat-obatan yang dilakukan oleh WWE pada tahun 2007 lalu. Itu benar, Cena sudah merawat kondisi tubuhnya dengan sangat menakjubkan.

Faktanya, Cena mempunyai tubuh yang selalu diidam-idamkan kebanyakan para pria (walau banyak yang memakai obat-obatan untuk mewujudkannya, tapi Cena tidak, Cena memakai usaha sendiri).

02. 2 KALI MENDAPAT PENGHARGAAN "WRESTLER OF THE YEAR" DAN PENGHARGAAN "5 STAR MATCH"
Reputasi Cena di IWC (Internet Wrestling Community) sangatlah buruk, tapi Cena telah 2 kali memenangkan penghargaan "Wrestler of the Year" pada tahun 2007 dan 2010 oleh Wrestling Observer.

Penghargaan tersebut dipilih oleh para pembaca Wrestling Observer. Ini merupakan bukti bahwa Cena dipercaya orang-orang pengguna internet tersebut.

Cena juga mendapatkan penghargaan "5 Star Match" oleh Dave Meltzer dari Wrestling Observer pada tahun 2011. Sangat-sangatlah jarang ada pertandingan yang mendapatkan "5 Star Match", sebelum 2011 pun, terakhir kali ada yang mendapatkan "5 Star Match" adalah Shawn Michaels vs Undertaker ditahun 1997. Karena kejarangan tersebutlah Cena menjadi pegulat yang sangat mengesankan.

Tentu saja, penghargaan "5 Star Match" Cena itu juga karena sebagian dari usaha CM Punk, karena penghargaan tersebut sesungguhnya untuk mereka berdua, yang telah bertanding sangat hebat di Money in the Bank 2011 lalu.

01. YANG TERBAIK?
Status Cena sebagai pegulat terbaik dimasanya bisa dijamin, tapi bisakah ia berakhir dengan menjadi pegulat WWE terbaik sepanjang masa?

Cena hanya berumur 38 tahun, dan mungkin Cena akan tetap menjadi main eventer selama 5 tahun ke depan, berarti mungkin ditahun 2020 saat berumur 43 tahun, jadwal Cena akan mulai berkurang, kurang lebih seperti Undertaker 6 tahun yang lalu (2009).

Tapi pasti banyak hal terjadi selama 5 tahun ke depan ini. Mungkin Cena akan bertanding dipertandingan utama Wrestlemania lagi dan memenangkan lebih banyak sabuk, siapa yang tahu?

Apa yang luar biasa adalah, Cena sudah pernah memegang sabuk world champion sebanyak 15 kali dalam 13 tahun berkarier di WWE, dan bahkan ia sudah memegang rekor orang yang sering memegang sabuk WWE Champion (sekarang WWE World Heavyweight Champion), yaitu sebanyak 12 kali, tapi Cena hanya 3 kali pernah memegang World Heavyweight Champion.

Rekor world champion masih dipegang oleh Ric Flair, yang sudah memegang sabuk world champion sebanyak 16 kali. Berarti, jika Cena sekali lagi mendapatkan sabuk WWE World Heavyweight Champion, ia akan menyamai rekor Flair, dan jika sampai 17 kali, maka Cena memecahkan rekor lagi.

Prestasi Cena ini menggambarkan kalau Cena akan menjadi yang "terbaik" sepanjang masa, tapi siapa yang tahu? Bisa saja tidak. Di atas ring, Cena selalu dikritik orang, tapi ada banyak keraguan tentang prestasi Cena ini di sudut pandang yang berbeda. Jadi, kita lihat saja bagaimana sisa dari karier Cena ini berjalan. Apa dia akan memecahkan rekor lagi? Apa dia akan menjadi yang terbaik? Atau tidak?

2 komentar

mending diem aja loe BOCAH,,emang siapa jagoan loe hah?!!!,,Cena The Is The Best From The Best,,This Is Cena You Can't See Him,,

Hell yeah baby,Rise above hate brooo.hustle loyalty and respect


EmoticonEmoticon